Sunday, March 3, 2013

Profil Gampong Wisata Lubuk Sukon



Masyarakat Aceh telah sejak lama mempunyai konsep-konsep dasar mengenai pengaturan tata pemerintahan, tata ruang, tata sosialita dan tata lingkungan yang sarat akan nilai budaya lokal. Namun rangkaian kejadian yang terjadi di Aceh seperti; Konflik dan bencana alam (gempa bumi dan Tsunami) menyebabkan berkurangnya keberadaan permukiman tradisional, sehingga keberlangsungan  budaya Aceh semakin terkikis dan dikhawatirkan akan pudar. Berpegang dari konsep mengembalikan kehidupan berbudaya aceh dan menjalankan program dari pemerintah aceh tentang Kepariwisataan, berikut ini kami ingin menyajikan sekelumit profil dari sebuah Desa Wisata yang menjadi salah satu tujuan dari Visit Aceh 2013.

Salah satu permukiman tradisional yang masih bertahan adalah desa Lubuk Sukon di kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar (gampong sebutan untuk desa dalam bahasa Aceh). Desa ini terletak di dataran rendah yang sebagian besar rumah penduduknya adalah rumah tradisional Aceh yang terbuat dari kayu. Rumah-rumah di desa Lubuk Sukon  masih mempertahankann konsep tradisional yang dipadukankan dengan perkembangan dan kebutuhan kekinian. Secara bijak perumahan ini dirancang dengan prinsip tahan gempa. Orang Aceh, khususnya yang bermukim di wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar sangat menyadari bahwa letak wilayah berada digaris gempa. 

Sistem permukiman di desa Lubuk Sukon memiliki makna dan tujuan tertentu berdasarkan prinsip lokal yang dapat diterima oleh masyarakat. Kebijakan mengenai aspek adat dan kehidupan desa menyatakan bahwa desa berhak merancang dan menetapkan Reusam Gampong (tata krama peradatan di Aceh) untuk mengatur kehidupan warganya. 


4 comments :

  1. terus berbenah, semoga situs ini kedepan bisa jadi wadah informasi gampong wisata Lubuk Sukon :)

    ReplyDelete
  2. satu hari nanti pasti kembali ke Lubuk Sukon

    ReplyDelete
  3. memang bukan dari lubok, tapi itu tempat tinggal asli ayahku :)
    jadi selamatlah buat lubok.
    #spynad.blogspot.com

    ReplyDelete

About Me

Salah satu permukiman tradisional yang masih bertahan adalah desa Lubuk Sukon di kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar (gampong sebutan untuk desa dalam bahasa Aceh). Desa ini terletak di dataran rendah yang sebagian besar rumah penduduknya adalah rumah tradisional Aceh yang terbuat dari kayu.

ads here

ads here
Designed By Seo Blogger Templates